Ini alasan utama GAGAL CLOSING meskipun udah RAJIN POSTING

Rajin posting itu penting, tapi bisa gagal kalau nggak di setting.

Ada satu hal penting yang banyak Bimbel Owner sering lupa, bahkan mungkin gagal paham, bahwa Media Sosial seperti Instagram dan Facebook itu media untuk bersosialisasi, bukan untuk jualan.

Kalau media online untuk jualan itu namanya E Commerse seperti Shopee, Toko Pedia, Lazada, dll.

Jadi jangan heran meskipun udah rajin posting, tapi selalu gagal closing, bahkan jangankan closing, untuk sekedar dapat komen ataupun like saja sulit. #betul apa betul?

Coba Anda ingat kembali, dari sekian konten yang Anda posting di beberapa hari ataupun Minggu kebelakang, lebih banyak konten yang isinya jualan atau pendekatan?

Lebih banyak konten yang isinya ajakan untuk segera daftar, atau konten yang isinya memahamkan orangtua tentang manfaat yang akan anaknya rasakan jika belajar di Bimbel Anda?

Lebih banyak konten yang isinya diskon dan promo, atau lebih banyak konten yang isinya edukasi tentang peningkatan kemampuan belajar siswa di Bimbel Anda?

Kalau konten jualannya lebih banyak dari konten edukasinya, maka wajar kalau lebih banyak di cuekinnya.

“Jadi harus gimana dong Mr Hafidz?”

 

1️⃣ Atur dulu strateginya

Di bulan ini pesan apa saja yang ingin Anda sampaikan pada audience Anda.

Misal :

📌 Manfaat yang akan dialami jika belajar di Bimbel. (Goalnya supaya tau pentingnya belajar di Bimbel)

📌 Kerugian yang akan dirasakan jika tidak ikut belajar di Bimbel. (Goalnya supaya khawatir kalau anaknya ketinggalan pelajaran di sekolah)

📌 Perkembangan kognitif siswa di Bimbel Anda. (Goalnya supaya orangtua mau anaknya pinter seperti anak yang ada di video)

📌 Momen keseruan KBM di Bimbel Anda. (Goalnya supaya tau kalau KBM di Bimbel Anda menyenangkan)

📌 Momen kedekatan antar tutor. (Goalnya supaya tau kalau tutor2 di Bimbel Anda kompak)

📌 Diskon atau promo. (Goalnya supaya daftar segera)

 

2️⃣ Atur jumlah konten yang akan di posting dari setiap goalnya.

Anggap poin2 diatas ingin Anda sampaikan semuanya dibulan ini, maka atur jumlah setiap konten yang ingin Anda posting.

Misal :

📌 Supaya tau pentingnya belajar di Bimbel 3 konten

📌 Supaya orangtua mau anaknya pinter 3 konten

📌 Supaya tau kalau KBM di Bimbel Anda menyenangkan 3 konten

📌 Supaya tau kekompakan tutor 1 konten

📌 Supaya daftar segera 2 konten

 

3️⃣ Atur jam postingnya

(Cari tau di jam berapa saja audience Anda aktif di sosmed, lalu jadwalkan waktunya)

 

4️⃣ Atur medianya

(Cari tau, media sosial apa saja yang digunakan oleh calon Walimurid Anda)

 

“Mr Hafidz, saya sudah gunakan cara-cara diatas, tapi masih minim interaksi & konversi”

Saran saya, Anda perlu mengenal lebih jauh tentang siapa sebenarnya target market Anda.

“Maksudnya gimana sir?”

Anda perlu meriset Demografis & Geografis dari target market Anda (baca: buyer persona).

“Kalau saya sudah riset, tapi masih minim konversi, saya harus gimana lagi?”

Ada cara paling ampuh, paling cepat, dan paling akurat karna bisa menyesuaikan request Anda, seperti usianya, minatnya, domisilinya, dan masih banyak lainnya.

Yang lebih kerennya lagi adalah, cara ini bisa menjangkau ratusan bahkan ribuan audience hanya dalam beberapa hari saja.

Tapi maaf, berhubung penjelasan diatas sudah cukup panjang, InsyaAllah akan saya lanjutkan di postingan berikutnya.

Silahkan tinggalkan pesan lanjut jika anda ingin saya membahasnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top